Hati-hati! 12 Bahaya Menggunakan Make Up saat Tidur

Hati-hati! 12 Bahaya Menggunakan Make Up saat Tidur
Hati-hati! 12 Bahaya Menggunakan Make Up saat Tidur
Make up bukan menjadi hal yang asing di kalangan wanita sekarang ini. Kebanyakan perempuan sadar arti penting untuk tetap tampil cantik, maka dari itu make up dipilih sebagai media guna mempercantik diri.

Membersihkan sisa-sisa make up terkadang menjadi salah satu hal yang biasa untuk para wanita, namun saat kesibukan melanda dan menjadi rintangan terbesar, membuat wanita menjadi repot dengan hal tersebut.

Akan tetapi, tahukah kamu jika kulit wajah yang sehat bisa membawa manfaat baik untuk wajah dan salah satunya membuat wajah menjadi tetap awet muda?

Namun, malas membersihkan wajah yang berlapis oleh make up sebelum tidur bisa menimbulkan efek buruk terhadap kulit, terlebih pada wajah.

Bahaya Menggunakan Make Up Saat Tidur

Menggunakan Make Up saat Tidur
Menggunakan Make Up saat Tidur, via cantik.co.id

1. Kulit Kemerahan

Seorang ahli dermatologis London Clinic, Dr. Stefanie Williams, mengungkap jika tak menghapus riasan make up saat tidur bisa membuat kulit menjadi kemerahan.

Kulit yang kemerahan ini menjadi salah satu gejala dari adanya kulit iritasi. Make up akan memungkinkan bahan yang bisa membuat iritasi terkunci pada kulit. Hal ini tentu bisa memperburuk reaksi alergi dan bisa menurunkan kelembapan pada kulit.

2. Kulit Menjadi Berkerut

Kulit yang kering bisa menyebabkan terjadinya kerutan dan mudah terlihat di area sekitar wajah. Hal ini bisa terjadi bagi wanita yang menggunakan make up dan enggan membersihkan wajah sebelum tidur.

Saat kulit kering, maka bisa membuat elastisitas kulit menjadi berkurang, dan pada akhirnya kerutan pada wajah bisa kian menonjol. Kulit yang kering juga bisa disebabkan oleh polutan lingkungan yang menempel pada make up. Alhasil, kulit terserang oleh berbagai radikal bebas yang bisa merugikan kesehatan.

Partikel yang berukuran mini bisa menyebabkan beragam kerusakan yang terjadi di bagian struktur sel. Polutan juga bisa membuat produksi kolagen menjadi menurun. Kolagen menjadi indikator yang mampu menentukan elastisitas kulit.

Dengan produksi kolagen yang minim, bisa membuat kulit wajah menjadi mudah berkerut, dan bisa membuat rasa percaya diri menjadi cenderung menurun.

3. Terjadi Iritasi

Produk make up saat ini banyak mengandung bahan kimia, belum lagi saat penggunaan make up selama seharian, sudah pasti bisa terpapar oleh adanya polusi dan debu.

Jika wajah tak segera dibersihkan, maka akan timbul rasa yang tak nyaman seperti timbul gatal-gatal, jerawat, hingga timbul iritasi.

Jumlah polutan lingkungan dan bahan kimia yang terkandung di dalam make up bisa membawa pengaruh yang buruk bagi kesehatan kulit. Selain itu, komponen itu juga bisa menurunkan produksi kolagen dan elastin, yang bekerja dalam memelihara kulit tetap bisa awet muda.

Tak mau membersihkan make up sebelum tidur bisa membuat penurunan kualitas kulit dan penuaan menjadi lebih cepat terjadi.

4. Kulit Menjadi Kering

Kebiasaan tidur dengan menggunakan make up yang masih menempel bisa membuat kulit wajah berubah menjadi kering.

Hal ini terjadi karena kondisi kulit yang masih tertutup oleh lapisan make up, sehingga pori-pori menjadi terhambat dan bisa menyerap oksigen yang dibutuhkan oleh kulit.

Terlebih apabila penggunaan make up yang cenderung tebal dan berlapis-lapis, maka tidak hanya berakibat pada permukaan kulit saja yang mengering, melainkan juga proses regenerasi kulit menjadi terhambat karena lapisan make up yang menutupi kulit.

5. Memicu Terjadinya Penuaan Dini

Kondisi kulit yang cenderung kering akibat dari penggunaan make up yang tidak dihapus saat tidur, bisa menimbulkan efek yang jauh lebih buruk untuk kulit, yakni dengan timbulnya tanda-tanda penuaan dini yang berupa kerutan di wajah.

Hal ini terjadi sebagai salah satu bentuk akibat elastisitas kulit yang menurun, sehingga kerutan wajah menjadi kian terlihat, baik itu berupa garis halus di wajah atau bahkan kerutan yang terjadi dan tampak secara nyata.

Dalam hal ini, kondisi kulit yang kering bisa membuat kulit menjadi tak mampu dalam mengatasi adanya radikal bebas yang masuk, sehingga bisa terjadi kerusakan sel dan pada akhirnya menghambat produksi kolagen yang dibutuhkan dalam menjaga elastisitas kulit.

Kondisi yang lain yang bisa saja muncul akibat make up yang tidak dihapus saat tidur ialah kulit menjadi kusam, akibat terhambatnya regenerasi kulit saat tubuh tengah beristirahat.

6. Pori-pori Membesar

Saat seseorang tidur dengan lapisan make up yang masih menempel, maka pori-pori wajah cenderung membesar, apabila dibandingkan dengna tidur tanpa menggunakan make up.

Hal ini terjadi karena tersumbatnya pori-pori, sehingga bisa membuat terlihat membesar. Kondisi ini hampir sama dengan kondisi kulit pada wajah yang menua, di mana elastisitas kulit menjadi menurun akibat adanya faktor usia dan pori-pori cenderung lebih besar.

7. Memicu Timbulnya Jerawat

Pori-pori yang tersumbat oleh lapisan make up yang sudah bercampur dengan debu atau polutan, bisa menjadi tempat untuk bakteri bisa berkembang, sehingga pada akhirnya memicu timbulnya jerawat.

Kondisi ini bisa diperparah apabila sebelumnya wajah sudah berjerawat, sehingga sangat penting untuk selalu menghapus riasan make up yang ada di wajah sebelum tidur di malam hari.

8. Kulit Bibir Mengering

Kebiasaan tidur dengan menggunakan make up yang masih menempel, termasuk penggunaan lipstik, bisa menyebabkan bibir menjadi mengering.

Tidak hanya itu saja, bisa juga memicu terjadinya bibir yang pecah-pecah dan justru sangat mengganggu penampilan.

9. Iritasi Kelopak Mata

Apabila maskara yang tak dihapus saat tidur, bisa menyebabkan kulit yang ada di kelopak mata menjadi tersumbat, sehingga bisa memicu terjadi iritasi hingga pembengkakan.

Kondisi yang lain yang bisa terjadi akibat maskara yang tidak dihapus adalah adanya resiko bulu mata yang jauh lebih mudah patah atau mengalami rontok. Tentu hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan yang terjadi di area mata, sehingga sangat perlu diantisipasi sebelumnya dengan cara menghapus maskara sebelum tidur.

10. Merusak Bulu Mata

Maskara yang diaplikasikan ke bagian mata yang tak dibersihkan dan dibawa tidur bisa menyebabkan bulu mata menjadi rusak. Akan tetapi, jika dibersihkan menggunakan make up remover atau pembersih bulu mata yang mengandung minyak, bisa membantu dalam membersihkan, sehingga sisa maskara bisa terangkat seluruhnya.

Selain itu, minyak yang terkandung di dalam make up remover tersebut memiliki fungsi dalam melembabkan bulu mata, sehingga bulu mata tetap bisa terjaga keindahannya.

11. Warna Kulit Tidak Merata

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Bagian kulit yang tertutup oleh make up secara terus menerus bisa membuat warna kulit menjadi tidak merata.

Di satu sisi, warna kulitnya putih dan sedangkan di sisi lain karena terpapar oleh sinar matahari menjadi hitam, sehingga warnanya menjadi tidak merata, ada yang putih dan ada yang hitam.

12. Mempermudah Penyebaran Bakteri

Bakteri yang menempel di kulit wajah tak akan mati begitu saja, justru akan jauh lebih mudah dalam melakukan penyebaran, sehingga berbagai masalah yang ada di kulit wajah bisa dengan mudah muncul.

Alangkah baiknya untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum tidur dan usahakan sehingga selalu sempatkan diri membersihkan wajah sebentar sebelum tidur.

Cara Cuci Muka yang Benar

Membersihkan Make Up
Membersihkan Make Up, via sehatfresh.com

Jika kamu menggunakan make up, kamu mungkin memperhatikan jika hanya dengan mencuci muka saja, kulit belum tentu benar-benar bersih.

Berikut ini beberapa langkah yang efektif dalam membersihkan make up sebelum tidur.
  1. Cuci tangan sebelum membersihkan wajah, menggunakan riasan atau menyentuh wajah. Apabila tangan kotor, bakteri dan debu bisa saja menempel di kulit.
  2. Gunakan pembersih make up khusus untuk setiap riasan tertentu, misal pembersih make up mata dan lipstik (2 area) yang biasanya bandel untuk dibersihkan dan pembersih make up biasa untuk bagian wajah yang lain.
  3. Setelah itu, keringkan dan coba usap dengan menggunakan kapas yang bersih. Apabila masih ada sisa yang terlihat di kapas, tandanya masih belum bersih. Kamu juga masih bisa menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan, contohnya toner pembersih, micellar water, milk cleanser, cleansing balm atau cleansing oil.
  4. Cuci muka dengan menggunakan sabun wajah seperti biasanya. Cuci dengan cara gerakan tangan memutar, sehingga make up bisa terbilas. Kamu juga bisa menggunakan spons untuk wajah atau kapas untuk mengelap sisa pembersih dari wajah.
  5. Bilas wajah dengan menggunakan air dingin. Mencuci wajah dengan air dingin bisa menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi. Jangan pelit saat membilas wajah, benar-benar pastikan jika sisa residu make up dan sabun tersapu dengan bersih. Apabila ragu, bilas wajah sekali lagi dengan tangkupan kedua tangan.
  6. Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara ringan dan halus dengan menggunakan handuk atau mengusapnya, jangan menggosoknya.
  7. Setelah cuci muka, lanjutkan dengan skincare malam seperti biasa. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap.

Beberapa efek buruk akibat dari penggunaan make up yang tak dihapus sebelum tidur bisa dihindari dengan rutin membersihkan wajah sebelum tidur. Pastikan wajah benar-benar bersih dari adanya riasan make up, sehingga bisa terhindar dari efek buruk yang tak diinginkan.

Luangkan waktu setidaknya 15 menit sebelum tidur, untuk memperoleh wajah yang bersih tanpa riasan make up demi kulit sehat yang diinginkan.
Advertisement